laman oi

Sabtu, 09 Maret 2013

Sejarah reggae

Reggae
Reggae adalah suatu aliran musik yang awalnya
dikembangkan di Jamaika pada akhir era 60-an.
Sekalipun kerap digunakan secara luas untuk
menyebut hampir segala jenis musik Jamaika, istilah
reggae lebih tepatnya merujuk pada gaya musik
khusus yang muncul mengikuti perkembangan
ska
dan rocksteady .
Reggae berbasis pada gaya ritmis yang bercirikan
aksen pada off-beat atau sinkopasi, yang disebut
sebagai skank. Pada umumnya reggae memiliki
tempo lebih lambat daripada ska maupun rocksteady.
Biasanya dalam reggae terdapat aksentuasi pada
ketukan kedua dan keempat pada setiap
bar , dengan
gitar rhythm juga memberi penekanan pada ketukan
ketiga; atau menahan
kord pada ketukan kedua
sampai ketukan keempat dimainkan. Utamanya
"ketukan ketiga" tersebut, selain tempo dan
permainan bassnya yang kompleks yang
membedakan reggae dari rocksteady, meskipun
rocksteady memadukan pembaruan-pembaruan
tersebut secara terpisah.
Reggae di Indonesia
Beberapa nama yang terkenal dalam dunia musik
Reggae dan sub-ragamnya Indonesia antara lain
jawaika, D'riie Ambazsador,
Tony Q Rastafara ,
Souljah, Ras Muhamad, Joni Agung ( Bali ), New
Rastafara,Songket Reggae ( Yogyakarta ),Marasta
( Yogyakarta ), Mbah Surip ( Mojokerto ), Marapu
( Yogyakarta / Waingapu, Sumba Timur ) dan Lapiezt
Legiet ( Magelang ).
Sekitar tahun 1986 musik Reggae mulai
dikumandangkan di Indonesia, band tersebut adalah
barbet comunity, Black Company sebuah band
dengan genre Reggae, beberapa tahun kemudian
muncul Asian Roots yang merupakan turunan dari
band sebelumnya, kemudian ada Asian Forc.

Sejarah punk rock

Punk rock
Punk Rock adalah salah satu cabang genre dari musik
Rock, musik punk rock ini muncul pada era 1970'an
dengan munculnya band seperti
The Clash , Sex
Pistols .
Kelompok punk sering meniru struktur musik
sederhana seperti musik garage rock dari tahun 1960-
an. Biasanya mereka terdiri dari satu drum kit, satu
atau dua electric guitar, satu electric bass, dan vocals.
Drums biasanya hanya memiliki satu
snare drum ,
satu tom, satu floor tom, satu bass drum, hi-hats, satu
atau dua crash cymbal dan satu ride cymbal.
Pada awal tahun 1990, musik punk rock dikenalkan
kembali oleh
Nirvana , walau pada akhirnya,
mayoritas media menyebut Nirvana dengan istilah
grunge atau rock alternatif . Kesuksesan album
Nevermind dari Nirvana, diakui sebagai "pembuka
jalan" kepada musik punk rock untuk dikenal oleh
dunia luas, sampai saat ini.
[1]
Pada tahun 2007, perusahaan sepatu punk rock dari
Inggris, Doc Martens, membuat iklan promosi yang
menggunakan foto-foto
ikon yang telah berjasa
mengenalkan musik punk rock, yaitu Joey Ramone
(
Ramones ), Sid Vicious ( Sex Pistols ), Joe Strummer
( The Clash ), dan Kurt Cobain ( Nirvana ).
[2]
Tak ada yang tahu pasti kapan dan di mana
munculnya budaya punk pertama kali. Tapi ada
sebuah catatan penting ketika sebuah grup band dari
Inggris yang dalam tiap pertunjukannya selalu
dihadiri anak-anak muda dengan dandanan berbeda
dari yang lain. Nama band itu adalah Sex Pistols dan
hit mereka yang terkenal adalah “Anarchy in U.K.”
Wabah ini secara cepat menyebar ke Eropa. Punk
muncul sebagai bentuk reaksi masyarakat yang
kondisi perekonomiannya lemah dan pengangguran
di pinggiran kota-kota Inggris, terutama kelompok
anak muda, terhadap kondisi keterpurukan ekonomi
sekitar tahun 1976-1977. Kelompok remaja dan kaum
muda ini merasa bahwa sistem monarkilah yang
menindas mereka. Dari sini muncul sikap resistensi
terhadap sistem monarki. Kemarahan-kemarahan ini
diwujudkan dalam bentuk musik yang berisi lirik-lirik
perlawanan dan protes sosial politik serta cara
berpakaian yang tidak lazim. Konser-konser musik
digelar sebagai media untuk mengampanyekan ide-
ide mereka. Dari Rock n’ roll ke Punk Punk sebetulnya
memiliki dasar sikap yang sama dengan musik rock
n’ roll, aliran musik yang lahir pada tahun 1955. Dulu,
rock n’ roll itu menjadi musik milik generasi muda
yang ingin memberontak terhadap kemapanan,
sehingga dijauhi dan tidak disukai para orang tua.
Tapi saat rock mulai kehilangan gereget dan
dianggap monoton, mulailah ada kasak-kusuk untuk
menciptakan jenis musik baru yang ekstrem sebagai
reaksi melawan kejenuhan tadi. Dari keresahan
itulah aliran punk lahir.
Tidak seperti aliran musik lainnya, punk lebih
mengutamakan pelampiasan energi dan curhat
ketimbang aspek teknis bermain musik. Para
pencinta punkberprinsip bahwa tidak perlu jago
bermain musik, yang penting penampilan oke dan
yang namanya unek-unek harus bisa dikeluarkan.
Dan memang, buktinya, almarhum Sid Vicious dari
Sex Pistols tidak jago bermain bass. Meski demikian,
orang-orang tidak memandangnya dengan remeh
dia. Malah justru Sid banyak digandrungi para
pencinta punk.
Pada tahun 1964, terjadi serbuan besar-besaran grup
asal Inggris ke Amerika. Dan yang menjadi “biang
keladinya” adalah The Beatles. Melihat trend baru itu,
remaja Amerika pun sadar bahwa sebuah grup
sanggup mengerjakan semuanya sendiri. Maka di
berbagai pelosok Amerika, anak-anak sekolah pun
mulai membentuk band dan latihan di garasi rumah
mereka sendiri. Karena mereka baru belajar,
musiknya pun tidak yang susah-susah. Mereka
cenderung belajar dari grup-grup yang alirannya
simple tapi nge-rock, macam Rolling Stones, The
Whom atau Yardbirs, yang musiknya lebih
menitikberatkan padariff dan power, bukan struktur
lagu yang njelimet.
Maka ketika mereka pada gilirannya mulai menulis
lagu sendiri, musik mereka sangat bersemangat dan
relatif "kencang" sehingga menggugah semangat
para pendengarnya. Sesuai dengan tempat
kelahirannya, orang memberi julukan untuk warna
musik ini: Garage Rock. Grup-grup yang lahir
contohnya The Standells, The Seeds, The Music
Machine, The Leaves, dan lain-lain. Dan dari sini
lahirlah sound yang selanjutnya berkembang jadi
punk rock. Dari Iggy hingga Ramones Punk
selanjutnya berkembang sebagai buah kekecewaan
musisi rock kelas bawah terhadap industri musik
yang saat itu didominasi musisi rock mapan, seperti
The Beatles, Rolling Stone, dan Elvis Presley. Musisi
punk tidak memainkan nada-nada rock teknik tinggi
atau lagu cinta yang menyayat hati. Sebaliknya, lagu-
lagu punk lebih mirip teriakan protes demonstran
terhadap kejamnya dunia. Lirik lagu-lagu punk
menceritakan rasa frustrasi, kemarahan, dan
kejenuhan berkompromi dengan hukum jalanan,
pendidikan rendah, kerja kasar,

Sejarah awal kt Oi

Oi!
Oi! berarti hello dalam aksen cockney di Inggris . Oi!
musik bermula di akhir 70-an setelah kemunculan
Punk Rock . Ketika gelombang pertama punk
menyerang, band seperti Sham69, The Business, dan
Cock Sparrer sudah bernyanyi tentang hidup di
jalanan di saat
Sex Pistols mencoba memulai
"Anarchy In the Uk". Lalu reality punk atau street
punk dimulai dengan Sham 69 dan Sparrer, seperti
juga Slaughter and The Dogs juga Menace.
Oi! adalah musik untuk semua dan semua orang
yang berjalan di jalanan kota dan melihat rendah
pada kaum elit dapat dihubungkan dengan Oi!.
Semua orang yang bekerja sepanjang hari sebagai
budak gaji dapat dihubungkan dengan Oi!. Semua
orang yang selalu merasa berbeda, juga dapat
dihubungkan dengan Oi!. Musik Oi! tidak memandang
perbedaan
ras , warna , dan kepercayaan . "Oi! music is
about having a laugh and having a say, plain and
simple...."
Sejarah
Ketika era 80-an menyerang dan punk rock
mendapatkan napas baru, Oi! menjadi bagian yang
solid dari pergerakan itu, yang diperkenalkan oleh
Garry Bushell, penulis di Sounds, koran musik di
Inggris. Garry percaya bahwa punk rock adalah
musik protes dan mengumpulkan semua band street
punk di bawah bendera Oi! seperti The Business, The
4-skins, The Burial, Combat 84, Infariot, dan Last
Resort menyerbu Punk Scene dengan jenis
realita
mereka. Seperti motto Last Resort, "No Mess, No Fuse,
just Pure Impact!"
Musik Oi! mulai meredup di akhir 80-an. Dan di
Amerika , hardcore adalah musik yang didengar oleh
Skinhead. Dapat dikatakan bahwa musik Oi! bukan
hanya musiknya Skinhead.
↑Kembali Ke Bagian Sebelumnya
Oi! dan rasisme
Pertama orang mendengar Oi! pasti identik dengan
Skinhead , sementara skinhead identik dengan
rasisme . Jadi kesalahpahaman yang muncul, Oi!
adalah musik rasis. Budaya ini mulai dengan
masuknya
imigran Jamaika ke Inggris . Cara
berpakaian skinhead diadopsi dari Rude boys (ingat
Ska ) dan Mods, tapi dengan tampilan yang lebih
Tough dan Rough. Skinhead yang sebenarnya tidak
rasis, akan tetapi imej skinhead disalahgunakan oleh
kaum kanan
Neo-Nazi untuk menciptakan karakter
yang keras. tetapi sesungguhnya bahwa skinhead
bukanlah seorang yang rasis,dan perlu di ketahui
bahwa image skinhead yang sesungguhnya
memanglah keras bukan berarti rasisme.
↑Kembali Ke Bagian Sebelumnya
Lirik
Lirik-lirik dalam Oi! cenderung bercerita tentang anti-
rasis/
fasis , hidup sebagai skinhead, protes , sepak
bola , bir , dan sedikit kekerasan ! jangan lupa
beberapa lagu Cock Sparrer bercerita tentang CINTA.
silakan cek. Pendengar musik ini selain Skinhead juga
ada Punks, Rude boys, Mods, dan Herberts. Yang
dimaksud dengan Herberts adalah orang-orang yang
suka dengan Oi! tapi bukan skinhead atau punks.
Mereka hanya orang-orang biasa yang cinta dengan
Oi!.
↑Kembali Ke Bagian Sebelumnya
Oi! di Indonesia
Di Bandung sendiri, Oi! dimulai pertengahan 90-an
diawali dengan Runtah. Ketika terjadi booming Ska di
Indonesia, bermunculan banyak Skinhead, entah
mereka hanya poseurs, trendy wankers ataupun a
true SKINHEAD itselfs. Seiring dengan "mati"-nya tren
ska karena dihantam secara dahsyat oleh
major
label , maka menghilang pulalah Skinhead. Tapi ingat,
setiap hilangnya suatu tren bukan berarti hilang pula
subkultur yang tercipta atau terbawa oleh trend
tersebut. Walaupun sedikit, tapi Skinhead di
Indonesia, di Bandung khususnya still going strong
and getting bigger. Ada beberapa
organisasi Skinhead
di dunia yang masuk ke Indonesia. Antara lain adalah
Red Anarchist Skinhead dan Skinhead Against Racial
Prejudice. Bahkan Neo-Nazi Skinhead sendiri ada di
negara kulit berwarna seperti Indonesia ini. Beberapa
gelintir Skinhead Rasis ini terlihat di Bandung dan
Jakarta. Di Yogyakarta para Skinhead umumnya
sudah mengerti asal muasal Sub Kultur ini. Di
Yogyakarta beberapa band skinhead memainkan ska
selain Oi! dan Hardcore.
Sampai saat ini sudah banyak sekali band Oi! di
Bandung, seperti Haircuts, Rentenir, Battle 98, The
Real Enemy, Sanfranskins, One Voice,
OppressionHead,Virgin Oi!,Wfc kids dan banyak lagi.
Karena gelombang Skinhead Rasis yang mulai
meresahkan maka beberapa skinhead non-rasis dan
anti rasis dari beberapa band Oi! di bandung ,
membuat sebuah band bernama Combat 34 yang
sangat anti rasis, nama band ini adalah ejekan untuk
skinhead rasis di Jakarta yg menamakan diri COMBAT
18 Indonesia, lagu-lagu mereka bercerita tentang apa
gunanya jadi rasis di Indonesia, ajakan berkelahi
untuk para skinhead rasis, dan pastinya juga tentang
sepak bola, perkelahian di jalan, dengan moto
mereka "Sometimes Anti-Social but Always Anti-
Racist". Band-band tadi sudah merilis beberapa
kompilasi dan
mini album di bawah naungan United
Races Records. Skinhead di Bandung sering terlihat di
workers store di gedung Miramar lantai dasar sebelah
Palaguna. Sekarang Gd. Miramar ini sudah tidak ada,

Sejarah kaom skinhead

Skinhead
Seorang Skinhead dari Inggris dan Vespanya.
Skinhead adalah suatu sub-budaya yang lahir di
London , Inggris pada akhir tahun 1960-an . Sekarang
Skinhead sudah menyebar ke seluruh belahan bumi.
Nama Skinhead merujuk kepada para pengikut
budaya ini yang rambutnya dipangkas
botak .
Sebelum bermulanya era Skinhead, ada golongan
remaja yang dipanggil Mods yang menjadi pemula
kepada skinheads.
Meskipun Skinhead banyak diasosiasikan dengan
kelompok orang-orang yang rasis dan
Neo-Nazi ,
namun Skinhead yang sebenarnya tidaklah Neo-Nazi,
karena pada awalnya Skinhead adalah kaum
tertindas dari kelas pekerja (utamanya buruh
pelabuhan) di
London , Inggris . Skinhead juga bisa
merujuk kepada kepada kelompok orang (biasanya
remaja) yang merupakan fans musik Oi!/streetpunk
dan juga
punk .
Sejarah
Skinhead merupakan subkultur yang bermula di
Inggris pada era ‘60-an, ketika Mods sedang
mengharubiru kaum muda Inggris. Mods yang pada
awalnya didominasi kaum muda yang berasal dari
kalangan menengah ke atas kemudian mewabah
dan menyentuh setiap kalangan. Tidak terkecuali
kalangan pekerja alias working class. Para pemuda
dari kalangan tersebut meskipun harus bekerja keras
tiap hari, sebagian malah sebagai buruh kasar atau
buruh pelabuhan, namun tetap memiliki cita rasa
tinggi dalam memilih life style tertentu. Mereka
berusaha mengadaptasi life style yang berkembang
dengan pola hidup, selera serta kemampuan dompet.
Maka pada sekitar tahun 1965, dalam dunia Mods
dikenal pula istilah Smooth Mods (Peacock Mods)
yang terdiri dari kalangan menengah stylish dengan
pilihan kostum yang mahal serta Hard Mods
(lemonheads, gang mods) yang terdiri dari kaum
pekerja dan merupakan cikal bakal dari Skinheads.
Hard mods kemudian baru dikenal sebagai kaum
Skinheads sekitar tahun 1968. Generasi pelopor
Skinheads tersebut biasanya disebut Trads (Traditional
Skinheads) atau Trojan Skinheads, sesuai dengan
nama label Trojan Records.
↑Kembali Ke Bagian Sebelumnya
Pakaian
Kaum Trads ini mudah dikenali dari setelan seperti
shirt button-up Ben Sherman, polo Fred Perry, Bretel/
suspender, celana jeans semi ketat, monkey boots,
jaket jeans, jaket Harrington, V neck Sweater dls.
Serta yang terpenting adalah potongan rambut yang
pendek, berbeda dengan gaya rambut mods pada
umumnya. Pilihan akan jenis rambut yang pendek ini
lebih disebabkan alasan kepraktisan. Terutama
karena sebagian besar lapangan pekerjaan yang
tersedia tidak membolehkan pekerja berambut
gondrong apalagi bergaya acak tidak beraturan.
Selain itu, potongan rambut pendek dianggap sebagai
keuntungan sewaktu harus menghadapi kehidupan
jalanan yang keras ketika itu. Ada pula yang
berpendapat bahwa pilihan berambut pendek
merupakan counter terhadap life style kaum hippie
yang dianggap mewah dan juga sedang berkembang
pada masa tersebut. Lebih jauh lagi, suatu kisah
menceritakan bahwa pilihan tersebut berasal dari
kaum pekerja pelabuhan, seperti di kota Liverpool,
yang memotong pendek rambut mereka untuk
menghindari kutu yang banyak terdapat di sekitar
pelabuhan.
↑Kembali Ke Bagian Sebelumnya
Musik
Karena Skinhead sendiri pada dasarnya adalah suatu
subkultur bukannya sebuah genre atau aliran musik,
pilihan musiknya pun bisa beragam.
Yang pertama tentunya adalah roots mereka yang
berasal dari Mods, para Trads pun pada awalnya
sangat terpengaruh musik
R&B ala Inggris seperti The
Who , The Kinks, dan lain sebagainya. Namun, mereka
juga terinspirasi oleh style ala Jamaican Rude Boy
yang juga populer di Inggris pada zaman itu. Rude
Boy atau Rudy merupakan sebutan untuk para
imigran Jamaika yang berkulit hitam pencinta dansa
dan musik asal mereka.
Hasilnya, para Trads pun sangat menggemari musik
Ska , Reggae , Rocksteady , Soul, oi dan lain
sebagainya. Sehingga kadang-kadang seorang
Skinhead pun ikut menikmati alunan dari seorang
penyanyi soul seperti Aretha Franklin misalnya.
↑Kembali Ke Bagian Sebelumnya
Rasisme
Mereka mendapat cap rasis pertama kali ketika
beberapa Skinhead terlibat clash beberapa kali
dengan imigran Pakistan dan imigran dari Asia
Selatan (mereka menyebutnya Paki-Bashing) di
Inggris pada era ’60-an. Tindak kekerasan (yang tidak
bisa dibenarkan biar bagaimanapun) tersebut dipicu
oleh masalah pekerjaan. Para Skinhead yang
merupakan kaum pekerja merasa lahan pekerjaan
mereka semakin sempit. Mereka terdesak oleh
kedatangan imigran yang bersedia dibayar lebih
rendah. Label rasis kemudian semakin melekat, salah
satunya setelah beberapa Skinhead tergabung dan
dihubungkan dalam organisasi white power, National
Front yang terbentuk di awal ’70-an. Militansi dan
karakter Skinhead yang keras khas kaum pekerja
sempat membuat mereka dijadikan alat maupun
berbagai kepentingan politik. Termasuk dihubungkan
dengan paham Neo Nazi. Meskipun sejarah maupun
kenyataan yang ada bisa menunjukkan fakta yang
berbeda.
Sama dengan nasib Mods leluhurnya, pamor
Skinhead sempat meredup di era ’70-an, setelah
sebelumnya mencapai puncak popularitas mereka

Sejarah lahirnya punk

Punk
Punk merupakan sub-budaya yang lahir di London ,
Inggris . Pada awalnya, kelompok punk selalu
dikacaukan oleh golongan skinhead . Namun, sejak
tahun 1980-an , saat punk merajalela di Amerika ,
golongan punk dan skinhead seolah-olah menyatu,
karena mempunyai semangat yang sama. Namun,
Punk juga dapat berarti
jenis musik atau genre yang
lahir pada awal tahun 1970-an . Punk juga bisa berarti
ideologi hidup yang mencakup aspek sosial dan
politik .
Gerakan anak muda yang diawali oleh anak-anak
kelas pekerja ini dengan segera merambah Amerika
yang mengalami masalah ekonomi dan keuangan
yang dipicu oleh kemerosotan moral oleh para tokoh
politik yang memicu tingkat pengangguran dan
kriminalitas yang tinggi. Punk berusaha menyindir
para penguasa dengan caranya sendiri, melalui lagu-
lagu dengan musik dan lirik yang sederhana namun
kadang-kadang kasar, beat yang cepat dan
menghentak.
Banyak yang menyalahartikan punk sebagai glue
sniffer dan perusuh karena di
Inggris pernah terjadi
wabah penggunaan lem berbau tajam untuk
mengganti
bir yang tak terbeli oleh mereka. Banyak
pula yang merusak citra punk karena banyak dari
mereka yang berkeliaran di jalanan dan melakukan
berbagai tindak kriminal.
Punk lebih terkenal dari hal fashion yang dikenakan
dan tingkah laku yang mereka perlihatkan, seperti
potongan rambut mohawk ala suku
indian , atau
dipotong ala feathercut dan diwarnai dengan warna-
warna yang terang, sepatu boots, rantai dan spike,
jaket kulit, celana jeans ketat dan baju yang lusuh,
anti kemapanan, anti sosial, kaum perusuh dan
kriminal dari kelas rendah, pemabuk berbahaya
sehingga banyak yang mengira bahwa orang yang
berpenampilan seperti itu sudah layak untuk disebut
sebagai punker.
Punk juga merupakan sebuah gerakan perlawanan
anak muda yang berlandaskan dari keyakinan we
can do it ourselves. Penilaian punk dalam melihat
suatu masalah dapat dilihat melalui lirik-lirik lagunya
yang bercerita tentang masalah politik, lingkungan
hidup, ekonomi,
ideologi , sosial dan bahkan masalah
agama .
Gaya hidup dan Ideologi
Psikolog brilian asal Rusia , Pavel Semenov,
menyimpulkan bahwa manusia memuaskan
kelaparannya akan pengetahuan dengan dua cara.
Pertama, melakukan penelitian terhadap
lingkungannya dan mengatur hasil penelitian
tersebut secara rasional (sains). Kedua, mengatur
ulang lingkungan terdekatnya dengan tujuan
membuat sesuatu yang baru (seni).
Dengan definisi diatas, punk dapat dikategorikan
sebagai bagian dari dunia
kesenian . Gaya hidup dan
pola pikir para pendahulu punk mirip dengan para
pendahulu gerakan seni
avant-garde , yaitu dandanan
nyleneh, mengaburkan batas antara idealisme seni
dan kenyataan hidup, memprovokasi audiens secara
terang-terangan, menggunakan para penampil
(performer) berkualitas rendah dan mereorganisasi
(atau mendisorganisasi) secara drastis kemapanan
gaya hidup. Para penganut awal kedua aliran
tersebut juga meyakini satu hal, bahwa hebohnya
penampilan (appearances) harus disertai dengan
hebohnya pemikiran (ideas).
Punk selanjutnya berkembang sebagai buah
kekecewaan musisi
rock kelas bawah terhadap
industri musik yang saat itu didominasi musisi rock
mapan, seperti
The Beatles , Rolling Stone , dan Elvis
Presley . Musisi punk tidak memainkan nada-nada
rock teknik tinggi atau lagu cinta yang menyayat
hati. Sebaliknya, lagu-lagu punk lebih mirip teriakan
protes demonstran terhadap kejamnya dunia. Lirik
lagu-lagu punk menceritakan rasa frustrasi,
kemarahan, dan kejenuhan berkompromi dengan
hukum jalanan, pendidikan rendah, kerja kasar,
pengangguran serta represi aparat, pemerintah dan
figur penguasa terhadap rakyat.
Akibatnya punk dicap sebagai musik rock and roll
aliran kiri, sehingga sering tidak mendapat
kesempatan untuk tampil di acara televisi.
Perusahaan-perusahaan rekaman pun enggan
mengorbitkan mereka.
Gaya hidup ialah relatif tidak ada seorangpun
memiliki gaya hidup sama dengan lainnya. Ideologi
diambil dari kata "ideas" dan "logos" yang berarti
buah pikiran murni dalam kehidupan. Gaya hidup dan
ideologi berkembang sesuai dengan tempat, waktu
dan situasi maka punk kalisari pada saat ini mulai
mengembangkan proyek "jor-joran" yaitu
manfaatkan media sebelum media memanfaatkan
kita. Dengan kata lain punk berusaha membebaskan
sesuatu yang membelenggu pada zamannya masing-
masing.
Punk dan Anarkisme
Lihat juga Anarko-punk
Kegagalan Reaganomic dan kekalahan Amerika
Serikat dalam
Perang Vietnam pada tahun 1980-an
turut memanaskan suhu dunia punk pada saat itu.
Band-band punk gelombang kedua (
1980 - 1984 )

Selasa, 05 Maret 2013

Cord + lirik ada band

Lirik Lagu Ada Band – Manusia Bodoh
E F#
Dahulu terasa indah
B E B
Tak ingin lupakan
C#m B F#
Bermesraan s�lalu jadi satu
B
Kenangan manis
A G#m
Tiada yang salah
F#m G# C#m B
Hanya aku manusia bodoh
A G#m F#m G#m
Yang biarkan semua ini permainkanku
Am B
Berulang ulang ulang kali
Reff :
E B C#m
Mencoba bertahan sekuat hati
B F#m
Layaknya karang yang
B
Dihempas sang ombak
E B C#m
Jalani hidup dalam buai belaka
B F#m B
Serahkan cinta tulus di dalam takdir
E F#m
Tak ayal tingkah lakumu
B E B
Buatku putus asa
C#m B F#
Kadang akal sehat ini
B
Belum cukup membendungnya
A G#m
Hanya kepedihan
F#m G# C#m B
Yang s�lalu datang menertawakanku
A G#m
Engkau belahan jiwa
F#m G#m Am B
Tega menari indah di atas tangisanku
Back To : Reff
G#m A G#m
Tapi sampai kapankah ku harus
A F#m B E
Menanggungnya kutukan cinta ini
Bridge :
C G A
Semua kisah pasti ada akhir
B E
Yang harus dilalui
C G B
Begitu juga akhir kisah ini yakinku indah
Back To : Reff
G#m A G#m
Tapi sampai kapankah ku harus
A F#m B
Menanggungnya kutukan cinta ini
E
Bersemayam dalam kalbu
←©

Cord + lirik ada band

Lirik Lagu Ada Band – Haruskah Ku Mati Karenamu
Chord : E/D#
D F#m Bm A
Bagaimana mestinya
G F#m Em A
Membuatmu jatuh hati kepadaku
D F#m Bm A
Tlah kutuliskan sejuta puisi
G F#m Em F#
Meyakinkanmu membalas cintaku
Reff:
B D#m E E/D#
Haruskah ku mati karenamu
C#m G# C#m F#
Terkubur dalam kesedihan sepanjang waktu
B D#m E E/D#
Haruskah kurelakan hidupku
C#m G# C#m F# D#
Hanya demi cinta yang mungkin bisa membunuhku
G#m C#m
Hentikan denyut nadi jantungku
E
F# B
Tanpa kau tau betapa suci hatiku
E F# B
Untuk memilikimu
Adakah keikhlasan
Dalam palung jiwamu mengetukku
Ajarkanmu bahasa perasaan
Hingga hatimu tak lagi membeku
Back to reff
G A F#m Bm
Tiadakah ruang di hatimu untukku
G F#m A# A
Yang mungkin bisa tuk kusinggahi
G A F#m Bm
Hanya sekedar penyejuk disaat ku layu
G A
Ku tlah menantimu hingga akhir masa

Cord + lirik ada band

Lirik Lagu Ada Band – Setengah Hati
G F#m
Tertegun ku memandangmu
Em D A
Saat kau tinggalkanku .. menangis
G F#m
Bodohnya ku mengharapmu
Em D A
Jelas sudah tak kau pedulikan cintaku
(*)
G F#m
Mestinya telah kusadari
Em F# Bm Am
Betapa perih cinta tanpa balasmu
G F#m
Harusnya tak ku paksakan
Em F#m Gm A
Bila akhirnya kan melukaiku
Reff :
D F# Bm Am G F#m
Mungkin ku tak akan bisa jadikan dirimu kekasih
Em A
Yang seutuhnya mencintaiku
D F# Bm
Namun kurelakan diri
Am G
Jika hanya setengah hati
Gm D
Kau sejukkan jiwa ini
G F#m
Ku hanya terus berharap
Em D A
Satu hari kau mampu .. sadari
G F#m
Tiada yang pernah mengerti
Em D A
Sepertiku setulus hati mencintaimu
Back To : (*), Reff
Intro : D C#m Bm Am G F#m Em A
Back To : Reff (3x)

Cord + lirik ada band

Lirik Lagu Ada Band – Langit Tujuh Bidadari
ntro : C D 2x
C D
Ingin kumeraih bintang
C D
kuingin seperti bintang
C D
Cahyanya tebarkan
Am Bm
rasa indah di hati yang kilaunya
C A D
taburkan bias bias cinta
reff
C G
Kuyakin ku bisa bawamu terbang ke angkasa
Am B E
Menembus pelangi lewati langit tujuh bidadari
C B Em A D
Kuyakin ku bisa temani jasadmu sepanjang umurku
C D
Bila malam tanpa bintang
C D
kuakan menjadi bintang
C D
Kan kuberi terang
Am Bm
dan rasa benderang membuatmu
C A D
bahagia sepanjang hangatnya malam
Musik : C D 3x C B

Cord + lirik ada band

Lirik Lagu Ada Band – Surga Cinta
Intro: Bm F#m Bm F#m Em B Em G A
Bm F#m
Terdiam…
Bm F#m
Hanya bisa diam
Em B Em G A
Dingin menyerang di sekujur tubuhku
Bm F#m
Layangkan mata
Bm F#m
Menembus cahaya
Em B Em G A
putih kilaunya Meneduhkan lamunan
Bm F#m G D
Masih jelas terlihat
Em F#m G
Pesona ayumu
Bm F#m G D
Masih jelas terasa
Em F#m G B
Getar dawai jiwamu ahaaaaaa
Ref:
G A F#m Bm G A D
Inikah surga cinta yang banyak orang pertanyakan
G A F# Bm G A
Atau hanya mimpi yang tiada pernah berakhir jua
Bm F#m
Perlahan
Bm F#m
Bawa semua tanya
Em B Em G A
Satu bersama Langkah di taman ini
Bm F#m G D
Terangkai bunga tanda
Em F# G
Cinta murni adanya
Bm F#m G D
Tapi kekasih pun tiada
Em F# G B
Muncul hapus rinduku ahaaa
Ref:
G A F#m Bm G A D
Inikah surga cinta yang banyak orang pertanyakan
G A F# Bm G A
Atau hanya mimpi yang tiada pernah berakhir jua
G A F#m Bm G A D
Dimana aku sedang berada Mengapa sendiri
G A F# Bm G A
Lari telanjang tanpa seorangpun yang akan mau
peduli
G A F#m Bm G A D
Inikah surga cinta yang banyak orang pertanyakan
G A F# Bm G A
Atau hanya mimpi yang tiada pernah berakhir jua
G A F#m Bm G A D
Terbanglah cinta sampaikan sayangku hanya bagi dia
G A F# Bm G A
Tak ingin rasa sepi meratapi malang tanpa dirinya
Musik : Bm F#m Em A Fm Bm G A

Cord + lirik ada band

Lirik Lagu Ada Band – Kau dan Keajaiban Kecilmu
Intro: G C G C
E A E D
G C G C
Saat lonceng pagi datang
G C Bm Em
getarkan relung hati kecilku
C G B Em
Akankah terasa lagi senja yang hadir
A D
Seperti dulu
G C G C
Berlari mengejar angin
G C Bm Em
Di tepi riuh deburnya air
C G B Em
Menanti perahu layar pulang menepi
A D
Menjala cinta
reff
G D Em D C E
takkan kudengar suaramu
Am G F Em D
Nyanyikan keajaiban kecilmu
G D Em D C E
Takkan kau dendangkan lagi
Am G F Em D
Senandung syair hidupmu
G C G C
Bayang dirimu menghilang
G C Bm Em
Seiring kepak camar menjelang
C G B Em
Tiada yang lebih manis semanis engkau
A D
Ada di sini
A# F Gm F D# G
Cm A# G# Gm F
G F C 3x G F D

Cord + lirik ada band

Lirik Lagu Ada Band – Senandung Lagu Cinta
[intro] A# C F A# C Dm
A# C F A# A Dm C
Senandung lagu cinta tercipta untukmu
A# C Dm C A# C F
Yang getarkan jiwa ini lumpuhkan jantungku
A# C F A# A Dm C
Kecantikan sempurna yang tak terlukiskan
A# C Dm C A# C F
Bahagiakan diri ini saat bersamamu
A# A Dm C A# A Dm C
Meskipun kusadari tak mungkin memelukmu
A# A Dm C A# C
Waktu kau isyaratkan bahwa dirimu tlah bersamanya
chorus:
F Em Dm C
Tatap matamu tuk yang terakhir
A# A G C
Siksa batinku yang mencintaimu
F Em Dm C
Kupasrahkan pada ilahi
A# A D# C
Relakanmu untuknya
A# C F A# A Dm C
Lekuk tubuh anggunmu bagaikan sang dewi
A# C Dm C A# C F
Di dalam sanubariku terukir wajahmu
A# A Dm C A# A Dm C
Meskipun kusadari tak mungkin memelukmu
A# A Dm C A# C
Waktu kau isyaratkan bahwa dirimu tlah bersamanya
chorus:
F Em Dm C
Tatap matamu tuk yang terakhir
A# A G C
Siksa batinku yang mencintaimu
F Em Dm C
Kupasrahkan pada ilahi
A# A D# C
Relakanmu untuknya
F Em Dm C
Jurang yang dalam pisahkan kita
A# A G C
Yang tak mungkin untuk dilalui
F Em Dm C
Biarlah lagu cinta ini
A# A D# C
terdengar dalam kalbu
solo: A# C F A A Dm C A C Dm Em
A# C A# A D# C
Chorus:
F Em Dm C
Tatap matamu tuk yang terakhir
A# A G C
Siksa batinku yang mencintaimu
F Em Dm C
Kupasrahkan pada ilahi
A# A D# C
Relakanmu untuknya
F Em Dm C
Jurang yang dalam pisahkan kita
A# A G C
Yang tak mungkin untuk dilalui
F Em Dm C
Biarlah lagu cinta ini
A# A D# C
terdengar dalam kalbu
Ending: A# C F A# C Dm

Cord + lirik ada band

Lirik Lagu Ada Band – Semenit waktu
A# Gm C
di pelukanku terakhir kali
D# F
kau katakan cinta
A# Gm
putih dan suci
C
yg kau persembahkan
F
seperti janji manis
G Em Am Am-G-D/F#
bila malam menjelang
G G-D/F# Em
ingin ku hitung lagi
D A
segenap jumlah bintang
C D
yg bersinar di wajahmu
A# Gm C
akhirnya semua telah berakhir
D# F
bagai mimpi buruk
A# Gm C
menerjang ruang batin hidupku
F
tak berperasaan
D Gm
ku diam tertegun
C F
menatap pilu dirimu
C F
kau begitu indah
G Em Am Am-G-D/F#
dunia serasa mati
G G-D/F# Em
hilang semangat hidup
D A
aku rindu padamu
C D
aku teramat sayang
G Em Am Am-G-D/F#
jika ini takdirku
G G-D/F# Em
bolehkah ku berharap
D A
semenit waktu ingin
C D
kubalas kata cinta
A#
harusnya ku berlari
A#
mengejar kepergianmu
Gm F D#
takkan terulang
D# F
kisah dua anak manusia
A# Gm C
di pelukanku terakhir kali
Lirik Lagu Ada Band – Pemain Cinta
Intro: Em Bm C Am Bm C D 2x
Em Bm C
Tak habis pikir ku jadinya
Am Bm C D
Kau bisa membuatku cinta padamu
Em Bm C
Meskipun tlah berulang kali
Am Bm C
Kau begitu asyik mendua
Em Bm C
Sudah cukup saja
Am Bm C D
sikapi kegilaanmu
Em Bm C
Sebelum sukmaku
Am Bm C B
kau cabik dan perih
chorus:
Em Bm C G
Wahai dirimu pemain cinta
C G B
Penikmat nafsu dunia
Em Bm C G
Walau dirimu begitu indah
C G B
Maaf kau tak pantas bagiku
intro: Em Bm C Am Bm C D
Em Bm C
Direlung kalbu yang terdalam
Am Bm C D
Getaran asmara masih tersisa
Em Bm C
Memang dalam bermain cinta
Am Bm C
Kadang kau terlihat sempurna
Em Bm C
Eloknya parasmu
Am Bm C D
rabunkan mata batinku
Em Bm C
Ku harus berpaling
Am Bm C B
meski kau memohon
Bridge:
C G
Apa yang kau dambakan
Am Em D
Dalam duniamu yang sungguh palsu
C G
Terpikirkah olehmu
Am B
Untuk dapatkan cinta yang sejati
Interlude: Em Bm C G C G B 2x

Cord + lirik ada band

Lirik Lagu Ada Band – Nyawa Hidupku
Intro : Bm A G F#
Bm A D
Bm A G F#
Angin malam berhembus
Bm A D
Lirih dingin menyapa
Bm A G F#
Coba merasakan
Bm A D
Semilir kehadiranmu
Bm A G F#
Tuhan kutanya cinta
Bm A G F#
Kemana arah dan tujuannya
Bm A G F#
Bila memang berpisah
Bm A G F#
Mengapa maut yang pisahkan
reff
Bm A D
Aku memujiMu hingga jauh
Em F# Bm
Terdengar syahdu ke angkasa
Bm A D
Rintihan hatiku memanggilMu
Em F# G F#
Dapatkah Kau dengar nyawa hidupku
Bm A G F#
Runtuh jiwa ragaku
Bm A D
Hancur berkeping-keping
Bm A G F#
Tangan dan kaki tiada
Bm A D F#
Berpijak di bumi lagi
G A G A
Kau menelanjangi diriku slalu lewat indahnya
G A
Peluk kasih merangkul kalbu
Bm F#
yang membelenggu dan kini tinggalkanku

Cord + lirik ada band

Lirik Lagu Ada Band – Belahan Jiwa
intro : Em C G D
Em C G D
sang surya enggan menyapa dunia
Em C G D
bagai hati yang tiada cinta
int : Em-C-G-D
Em C G D
rentang waktu yang pisahkan kita
Em C G D
membuat hidupmu tak bercahaya
Em C G D
jangan biarkan rasa pergi menghilang
Em C G D
karena aku kembali hanya untukmu
reff:
C D
maafkan belahan jiwa
Bm Em
tak maksud meninggalkanmu
C D E
hapuslah air mata dan hadirlah senyuman
C D
lantunkan puisi cinta
Bm Em
terindah antara kita
C D Em D
tuk selamanya
Em C G D
jangan sempatkan bimbang merajam
Em C G D
dekap erat cinta yang membara
Em C G D
takkan kulepas lagi sinaran hati ini
Em C G D
dan takkan mungkin ku sanggup jauh darimu

Cord + lirik ada band

Lirik Lagu Ada Band – Akal Sehat
Intro : E A B E
E F# B A
Dulu kumencintaimu terasa bahagia
G# C#m B
Namun kau hilang tanpa jejak
F# B
Membuat bertanya apa salah diriku
E F# A
Hapus memori itu
F# B A
Tak semudah dibayangkan
G#m C#m B
Bagai hantu di siang malam
F#
Menyerang batinku
A E F# E B
Bayang dirimu begitu merasuk kalbu
E A F#
Akal sehatku berhenti
B G# C#m
Kala menatap indah matamu
F# A B E
Hingga melumpuhkan jiwa
A G# F# G# C#m B
Kau mencuri perhatian dan sayangku
F# B E
Takkan lagi kupungkiri semua
Saat kucoba tegar hadirmu kembali
Ada dera di sekujur tubuh
Lelahku berpikir sakitku melihatmu
Bawa sejuta maaf gencar dari hati
Letakkan janji sekali lagi
Di atas segalanya
Akankah ini hanya pelarian tanpa ujung
Interlude : E B E B
E A F# G# C#m B F# B
B E
Aku memang cinta padamu

Cord ada band

Lirik Lagu Ada Band – Takkan Bisa
Intro: F C Dm C A# A#m
F C Dm
Semakin ku tenggelam ke dalam
C A# F Gm C
Kisah hidupmu yang kau curahkan padaku
F C Dm
Masih ku ingat dulu kau pergi
C A# F Gm C
Tinggalkan aku untuk cinta yang lain
A# C F A# C F
Aku tak mengerti mengapa kau kini
C Dm G C
Inginkan ku lagi untuk kembali
Chorus:
F C Dm C
Takkan bisa, takkan bisa
A# F G#m C
Aku di sisimu sebagai kekasih
F C Dm C
Jangan pernah, jangan pernah
A# F Gm C A# A#m
Kau mengharap lebih untuk dapatkanku lagi
F C Dm
Dia yang telah kau pilih tak seperti
C A# F Gm C
Yang kau ingin dan membuatmu terluka
A# C F A# C F
Aku tak mengerti mengapa kau kini
C Dm G C
Inginkan ku lagi untuk kembali
Chorus:
F C Dm C
Takkan bisa, takkan bisa
A# F G#m C
Aku di sisimu sebagai kekasih
F C Dm C
Jangan pernah, jangan pernah
A# F Gm C
Kau mengharap lebih untuk dapatkanku lagi
A# C F C Dm
Semua yang kau alami pernah ku rasakan
A# C F C Dm
Saat kau hancurkanku pergi tinggalkan aku
G C
Lupakan sajalah aku
chorus:overtone
G D Em D
Takkan bisa, takkan bisa
C G Am D
Aku di sisimu sebagai kekasih
G D Em D
Jangan pernah, jangan pernah
C G Am D
Kau mengharap lebih untuk dapatkanku lagi
G D Em D
Takkan bisa, takkan bisa
C G Am D
Aku di sisimu sebagai kekasih
G D Em D
Jangan pernah, jangan pernah
C G Am D C Cm G
Kau mengharap lebih untuk dapatkanku lagi
←→

Sabtu, 02 Maret 2013

Cord gie _ cahaya bulan

Intro: G5 D F/B G5
C
Perlahan sangat pelan hingga terang kan menjelang
Dm G
Cahaya kota kelam mesra menyambut sang petang
Di sini ku berdiskusi dengan alam yang lirih
Kenapa matahari terbit menghangatkan bumi?
*
F Em Dm C
Aku orang malam yang membicarakan terang
F Em Dm G C (Dm Em F)
Aku orang tenang yang menentang kemenangan
oleh pedang
Perlahan sangat pelan hingga terang kan menjelang
Cahaya nyali besar mencuat runtuhkan badai
Di sini ku berdiskusi dengan alam yang lirih
Kenapa indah pelangi tak berujung sampai di bumi?
F Em Dm C
Aku orang malam yang membicarakan terang
F Em Dm G F (G)
Aku orang tenang yang menentang kemenangan
oleh pedang
**
C Dm Em F
Cahaya bulan menusukku, dengan ribuan
pertanyaan
Em Am Dm G
Yang takkan pernah kutahu, di mana jawaban itu
C Dm Em F
Bagai letusan berapi, bangunkanku dari mimpi
Em Am Dm G Am
Sudah waktunya berdiri, mencari jawaban
kegelisahan hati
Interlude:
Am D7/F# F Em
Am D7/F# F G
C Dm Em Am
Terangi dengan cinta di gelapku
Dm G C
Ketakutan melumpuhkanku
C Dm Em Am
Terangi dengan cinta di sesatku
Dm G F G
Di mana jawaban itu?
**
Coda:
F Em Am G (2x)
C Dm Em F (2x)
C